Home » , » Kala Ratu Horor Suzzanna Dipuja dalam Lirik

Kala Ratu Horor Suzzanna Dipuja dalam Lirik

Written By Natla on Jumat, 04 November 2016 | 20.12

Tatapan Suzzanna di film horor pun sudah menakutkan.Suara mandolin terdengar bersamaan dengan petikan gitar akustik. Tabuhan jimbe yang terbuat dari kulit lembu menjadi pengiring dan penjaga tempo yang rapi. Secara reflek anggota tubuh akan bergerak sesuai irama ketika mendengar lagu bertajuk Suzzanna Ratu Horor milik Orkes Bagong Februari (OBF).

Beranak dalam kubuuur, pernah!
Jadi kuntilanaaak, pernah!
Apalagi jadi sundel bolong, dia udah khatam

Penggalan lirik yang unik itu menjadi daya tarik tersendiri bagi grup musik yang dihuni oleh enam personel ini. Meraka adalah Bagus Patria (mandolin/vokal), Bentang Satriaji (gitalele), Yandi Yahya (gitar), Muhamad Septriady (ukulele), Ibnu Dimas (jimbe/perkusi) dan Zulmy Mochamad (bass).

Secara usia, pemuda berumur 20 sampai 22 tahun itu terpaut jauh dari masa-masa rilis film horor Suzzanna. Tapi itu tak jadi alasan bagi mereka untuk memuja aktris yang eksis di perfilman Indonesia era 1960-an sampai 2000-an itu.

"Kami pikir saat ini orang Indonesia banyak yang terlalu mengidolakan artis luar negeri. Padahal di Indonesia ada legenda aktor horor yang sampai sekarang belum tergantikan," kata Bagus saat dihubungi oleh CNNIndonesia.com bersama personel OBF lain beberapa waktu lalu.



Bagus mengaku tidak sengaja membuat lagu ini. Kala itu OBF sedang berkumpul untuk  latihan. Latihan berakhir dengan nongkrong, merokok sambil berselancar di dunia maya.

Secara tak sengaja pula, mereka memutar adegan ikonik Suzzanna di situs YouTube. Bukannya merasa takut, benak mereka malah berpikir bagaimana jika itu dijadikan lagu.

"Waktu itu kami bilang, ‘Asyik nih kali bikin lagu tentang Suzanna.’ Terus akhirnya kami buat dan rekaman bulan Juli lalu. Kami senang banget karena ini lagu pertama yang kami rekam di studio," kata Bagus.

Makan bakpao sambiiil sirkus!
Makan sate duaaa ratus!
Makan soto di panci dia juga gerus
Inilaaah kisah horor Ratu Suzzanna

Grup musik yang terbentuk sejak 2014 itu tak sembarang menulis lirik lagunya. Mereka melakukan riset dengan nonton bersama film-film horor yang pernah dibintangi oleh Suzzanna. Mereka mencari adegan-adegan ikonik yang paling diingat penonton di zamannya.

"Dengan lirik itu, orang kalau dengar lagu ini langsung inget film Suzzanna," kata Septriady.

Bagus menambahkan, "Film horor mana yang ada adegan kayak gitu. Makan bakpao sambil sirkus, makan sate dua ratus, Suzzanna udah paling horor dan unik. Makanya kami mengidolakan, jadi kami itu katro [kuno, udik] tapi modern."

Seram bukan speku… lasi!
Takkan terelimi… nasi!
Karena iniii film bukan akademi fantasi

Di zamannya paliiing… seksi!
Bodi mulus kayaaak… Merci!
Aduhaaay seperti Mela Barbie
Inilaaah kisah horor Ratu Suzzanna

Yang mereka tuliskan pada lagu itu benar-benar menggambarkan sosok seorang Suzzanna. Walau beberapa penggalan lirik terdengar unik, mereka tak ada maksud untuk menghina Suzzanna.

Semua mereka lakukan untuk melestarikan Suzzanna yang meninggal 15 Oktober 2008 lalu sebagai bintang film horor yang sangat Indonesia.

"Lagu ini terdengar komedi, isinya apresiasi. Kalau Suzzanna dengar lagu ini di atas sana mudah-mudahan dia ketawa. Asal jangan hihihihihi," kata Bagus sambil menirukan bunyi tertawa kuntilanak.

Perbincangan dengan OBF semakin menarik ketika membicarakan tentang sosok Suzzanna di mata mereka. Mereka mengaku menonton Suzzanna sejak kecil, kala masih duduk di bangku sekolah dasar. Bukannya takut, mereka malah ketagihan.

Ibnu menjelaskan saat kecil ia banyak menonton film horor. Tetapi film yang dibintangi oleh Suzzanna selalu memiliki tempat spesial di hatinya. "Suzzanna itu punya daya magis yang kuat, karena cantik juga kali ya," kata Ibnu sambil tertawa.

Grup musik itu tidak takut digentayangi Suzzanna ketika rekaman atau tampil di atas panggung. Terhitung mereka sudah tampil empat kali membawakan lagu tentang Suzzanna. Penonton yang mendengar pun selalu berjoget sambil tertawa. Mereka suka dengan lirik yang unik dan mudah dingat.

OBF menilai predikat Ratu Horor yang disandang aktris bernama asli Suzzanna Martha Frederika van Osch itu tidak akan pernah hilang. Bahkan hingga kini belum ada yang bisa menggantikan posisi Suzzanna.

Predikat-predikat untuk Suzzanna semacam itu, juga dimasukkan OBF dalam lirik lagunya. Dari situ mereka ingin berpesan agar orang-orang tidak melupakan Suzzanna. Mengabadikan Suzzanna dalam lagu juga untuk mengenalkan sang Ratu Horor kepada generasi sekarang.

Suzzana! Ratu Hororku, Ratu Kuntiku
Suzzana! Ratu Hororku, Sundel Bolong Favoitku
Suzzana! Ratu Horoku, Ratu Ularku
Suzzana! Ratu Hororku, Nyi Blorong Favoooritkuuuuu yeah

"Lirik-lirik itu kami ambil dari beberapa film. Pokoknya Suzzanna itu favorit kita," kata Bagus menegaskan.

Lagu tentang Suzzanna sebenarnya belum dirilis OBF secara resmi. Mereka masih merancang konsep yang tepat untuk merilisnya. Rencananya baru pertengahan November itu dirilis.

Bagus mengaku, OBF sangat ingin memperdengarkan lagu itu kepada keluarga Suzanna. Mereka ingin mempelihatkan hasil karya sebagai bentuk apresiasi. Sayang, keterbatasan jarak membuat mereka sulit mencari keluarga mendiang Suzzanna.

"Selama ini belum hubungi keluarga Suzzanna. Mudah-mudahan dengan terbitnya tulisan ini keluarganya bisa tahu juga," ujar Bagus sambil tertawa.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : News Positif | Privacy | About Us
Copyright © 2011. News - Positif - All Rights Reserved
Selamat Datang Di Blog Kami New Positif Published by
News Positif Harun