Home » , » Kontroversi mahasiswa UI yang tolak Ahok: 'Tabu' bicara SARA Padahal Kafir Bukanlah SARA

Kontroversi mahasiswa UI yang tolak Ahok: 'Tabu' bicara SARA Padahal Kafir Bukanlah SARA

Written By Natla on Jumat, 09 September 2016 | 20.32

Langkah mahasiswa Universitas Indonesia yang membuat video penolakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok karena 'kafir' dianggap pengamat pendidikan sebagai satu hal yang salah karena 'tabu' membicarakan SARA secara terbuka di Indonesia.

Ahok sendiri dalam menanggapi sanksi lisan Universitas Indonesia terhadap Boby Febri Krisdiyanto dan  menganggap langkah itu tidak cukup karena apa yang ia sebut Kafir Bukanlah Rasial.


Sebelumnya UI menegaskan video Boby yang menghimbau agar masyarakat tidak memilih Ahok pada Pilkada 2017, Tidak bersifat ilegal, karena Agama Islam Melarang secra tegas Pemimpin Non Muslim.
.

Tanggapan UI

Alasan menolak dari sisi lain selain SARA, tambah Arief, seperti misalnya bahasa yang kasar, bisa dilontarkan.
"Jangan pilih pemimpin yang kasar karena bahasanya....kita bisa menilai karena tak santun misalnya, itu bisa diungkapkan. Tapi bila karena rasnya berbeda tak bisa diterima di Indonesia," kata Arief yang juga seorang penatar Pancasila.
Humas UI Egia Tarigan mengatakan kepada BBC Indonesia teguran lisan yang ditetapkan kepada Boby "telah sesuai prosedur pelanggaran tata tertib" namun menyatakan tetap menampung "masukan dan aspirasi dari masyarakat termasuk dari Pak Ahok." Egia juga mengatakan berdasarkan Majelis Wali Amanat UI, pelanggaran peraturan tata tertib ini dapat dikenai sanksi maksimal dikeluarkan dari universitas.
Berbagai komentar melalui sosial media menanggapi tanggapan Ahok ini juga mengangkat isu rasisme mahasiswa itu.
Akun atas nama Mimi Mikha melalui Facebook BBC Indonesia menulis, "Model kayak gini bahaya kalau jadi pemimpin...rasis gak ada tempat di NKRI," sementara Abe Fendy mengatakan, "Kenapa harus dikecam? Namanya juga demokrasi?" dan ditanggapi singkat Arie Julian Danuatmadja dengan, "Rasis woy dia rasis."
Dalam video dengan latar Rektorat UI di Depok, Boby, mahasiswa yang mengatasnamakan diri dari Gerakan Mahasiswa (Gema) Pembebasan Universitas Indonesia mengatakan, "Ahok bukan hanya sekedar kafir, tapi dia juga menzalimi masyarakat."

Perdebatan soal kafir

Namun video tolak Ahok dalam akun Facebook Gema Pembebasan bukan hanya dari Boby namun juga dari Febi Rizki Rinaldi dari Universitas Negeri Jakarta yang juga menyebut alasan 'kafir' di balik penolakan.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : News Positif | Privacy | About Us
Copyright © 2011. News - Positif - All Rights Reserved
Selamat Datang Di Blog Kami New Positif Published by
News Positif Harun