Home » , , » Tips Empat Cara Kurangi Stres

Tips Empat Cara Kurangi Stres

Written By Natla on Jumat, 08 April 2016 | 18.14

Stres bisa datang kapan saja, mulai dari banyaknya tugas, hingga menghadapi kemacetan Jakarta menjelang akhir pekan. Namun ada beberapa cara untuk sedikit menenangkan saraf Anda yang menegang karena stres.

1. Permen Karet

Menurut beberapa penelitian, mengunyah permen karet dapat menurunkan kecemasan dan meredakan stres. Beberapa peneliti menilai gerak ritmik saat mengunyah inilah yang menyebabkan stres dan kecemasan berkurang. Gerak ritmik ini dianggap dapat meningkatkan aliran darah ke otak, selain dari aroma dan rasa yang pasti disuka.

2. Lavender

Beberapa aroma, seperti lavender, dapat menenangkan Anda yang dirundung stres. Dalam sebuah penelitian disebutkan seseorang yang menyemprotkan sedikit wewangian lavender di pakaian, mereka merasakan stres mereka memudar, sementara sebagian yang lain tidak mudah merasakan stress.

Namun lavender diketahui dapat mengintensifkan peran penggunaan obat penenang dan penghilang rasa sakit. Bila Anda menggunakan lavender dan obat secara bersamaan, baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

3. Musik

Beberapa orang merasa tenang saat menghadapi stres sambil mendengarkan musik. Dalam sebuah penelitian disebutkan orang yang memiliki hormon stress cortisol lebih rendah adalah mereka yang mendengarkan musik paduan suara Latin sebelum melakukan hal yang membuat stres.

Kadar hormon stress lebih rendah pada orang yang mendengarkan musik dibandingkan mereka yang hanya mendengarkan suara gemericik air.

4. Ambil Napas

Menghadapi situasi yang membuat stress ternyata mengirimkan sinyal negatif ke otak. Ini dapat membuat otak membuat imajinasi negatif yang justru semakin membuat Anda merasa kacau.

Salah satu teknik membuat tenang adalah dengan bernapas, seperti yang biasa dilakukan di yoga. Namun tak perlu melipat tubuh seperti saat yoga, Anda cukup mencari tempat yang tenang serta duduk yang nyaman.

Setelahnya, coba atur napas secara perlahan melalui hidung, biarkan melewati dada dan perluas perut untuk memaksimalkan masuknya udara. Bernapaslah perlahan sembari mengulang kata motivasi yang dapat membuat Anda tenang. Untuk hasil yang lebih, ulangi setidaknya 10 menit.

Rasa nyaman ketika mengambil napas secara perlahan ini disebabkan Anda membiarkan oksigen secara optimum masuk ke dalam pembuluh darah dan membawanya ke otak. Oksigen segar yang masuk ke otak membuat Anda merasa lebih nyaman.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : News Positif | Privacy | About Us
Copyright © 2011. News - Positif - All Rights Reserved
Selamat Datang Di Blog Kami New Positif Published by
News Positif Harun